Tuesday, November 22, 2016

Cara Mengaktifkan "Edge Scroll" pada Touchpad Laptop di Window 10

Selamat malam pembaca blog saya yang kebetulan lewat maupun yang memang selalu update dengan posting Blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang sangat sederhana yaitu tentang cara mengaktifkan Edge Scroll di Laptop dengan OS window 10.

Mungkin agan - agan disini ada yang masih belum tau apa itu Touchpad, atau mungkin belum menyadari Toucpad itu seperti apa sih bentuknya, kegunaannya apa, nah maka disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Touchpad.
Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. (Sumber)

Gambar TouchPad

Nah, dijaman sekarang ini semua hal dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi, banyak barang yang dulunya tidak mungkin untuk dibawa contohnya PC/Komputer dijaman yang canggih sekarang ini sudah disulap  menjadi bentuk yang lebih kecil dan mudah dibawa yang kita kenal dengan nama Laptop. Untuk menggerakkan Pointer pada Laptop ini kita bisa Menggunakan Touchpad yang biasanya terletak pada bawah Keypad laptop tersebut, walaupun penggunaan Touchpad pada laptop tidak se-enak menggunakan Mouse, tetapi sudah terasa cukup bila hanya untuk digunakan untuk Browsing ataupun mengerjakan tugas - tugas ringan lainnya.

EDGE SCROLL

Gambar Edge Scroll pada Touchpad Laptop

Touchpad bisa kita maksimalkan kinerjanya dengan mengaktifkan fitur - fitur lainnya apabila kita sudah menginstal Driver yang cocok dengan laptop yang kita gunakan, salah satu fitur tersebut adalah Edge Scroll. Edge Scroll fungsisinya mirip seperti Mouse Whell yaitu berfungsi untuk menggerakkan Scroll Bar pada Desktop kita. Berikut adalah cara bagaimana cara mengaktifkan salah satu fitur yang sangat berguna yaitu Edge Scroll pada Laptop kita khususya untuk Window 10, karena pada saat saya mencoba tutorial ini saya sedang menggunakan Window 10, diharapkan untuk OS Window yang lainnya untuk menyesiakan ya

Persiapan

1. Pastikan di Laptop kalian sudah terinstal Driver Touchpad yang benar.
Mudahnya untuk melihat apakah laptop kalian sudah terpasang driver yang benar yaitu dengan cara mengecek di Tray Application yang terletak di kanan bawah Desktop kalian.

Langkah - langkah

1. Klik kanan pada ELAN Pointing Device di System Tray, pilih Property of Touch-Pad

2. Pilih Tab ELan, kemudian pilih tab Option 


3.Pilih tab One Finger, pilih Edge Scroll yang kemudian akan muncul Pilihan konfigurasi di samping kanan, Centang Vertical Scroll & Horizontal Scroll.



Sederhana sekali kan caranya? Dengan sudah diaktifkannya Edge Scroll pada touchpad laptop kamu maka setidaknya akan memudahkan pada saat Scroll seperti menggunaan Mouse Whell. Saran dan kritik yang membangun sangat diperlukan demi semakin majunya Blog ini, jika ada pertanyaan bisa lansung kalian tulis saja di komentar, atau bisa lansung saja menghubungi Contact Person saya, OKE? 😁 Sekian dan Terimakasih
Load disqus comments

1 comments: