Friday, June 29, 2018

Fix Gyro Sensor issue di Redmi 3 (MIUI 8)

Redmi 3 merupakan HP Daily Driver atau pemakaian saya sehari-hari di pertengahan tahun 2016, Redmi 3 pada saat itu muncul dengan spek yang lumayan untuk rentang harga yang tidak lebih dari 2 juta. Redmi 3 hadir di Indonesia dengan status tidak resmi yang berarti hanya bisa didapatkan melalui distributor luar, tidak lulusnya TKDN dari Redmi 3 ini menyebabkan HP tersebut tidak bisa masuk secara resmi ke Indonesia, hal tersebut menyebabkan beberapa kekurangan seperti tidak munculnya jaringan 4G dan beberapa fitur yang error atau gagal berfungsi seperti fitur Gyro padahal setelah dicek di GSMArena Redmi 3 sudah mendukung Gyro.



Sensor Gyro adalah sensor yang digunakan untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berorientasi pada sumbu (sumber: galeriupdate.com). Jadi intinya adalah sensor gyro digunakan untuk menentukan arah grafitasi dari smartphone kamu, dengan menggunakan sensor gyro maka Augmented Reality dan Virtual Reality bisa kita nikmati sampai sekarang.

Berikut adalah cara untuk fitur Gyro pada redmi 3:

  1. Download filenya disini
  2. Extract file terlebih dahulu, disini saya menggunakan Root Explorer
  3. Copy file yang telah di Ekstrak tersebut ke alamat system/vendor/lib64
  4. Set Permission dari file tersebut menjadi: rw-r-r

    Klik tombol OK.
  5. Reboot HP kalian.
  6. Selesai! Untuk melakukan melihat apakah fitur Gyro telah kembali normal silahkan menggunakan aplikasi Tester yang ada di Playstore

Sekian Tutorial tentang bagaimana cara mengembalikan fitur Gyro pada Redmi 3 menjadi normal yang sebelumnya fitur tersebut Error atau bahkan tidak berfungsi tetapi dengan hanya menggunakan file diatas fitur Gyro pada redmi 3 anda sudah sehat kembali, cara diatas sudah saya uji dengan menggunakan Redmi 3 dalam posisi Miui 8 dan Sukses.

Sumber: Forum Miui
Load disqus comments

3 comments