Wednesday, May 23, 2018

Solusi Wifi tidak bisa konek di Android [Solved]

Wifi merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyambungkan suatu perangkat ke Internet, dengan wifi kita bisa tetap menjelajah dunia maya tanpa takut kuota internet kita terpotong.
Bisa dibayangkan apabila Wifi di Android kamu tidak bisa digunakan, atau tidak bisa konek ke wifi yang ada disekitar kamu, bisa jadi itu adalah hal yang menyebalkan bukan?

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara agar android kamu bisa konek ke Wifi. Ada beberapa cara yang dapat saya bagikan ke kalian, yaitu:


1. Forget Network
Biasanya cara ini berhasil pada saat wifi yang pernah kamu gunakan sebelumnya merubah passwordnya menjadi password baru, hal ini cukup dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih Setting kemudian pilih Network & Internet.
  2. Pilih Wifi.
  3. Pilih Saved Networks.
  4. Hapus nama wifi yang tidak bisa kamu konek.
  5. Kemudian coba untuk konek lagi, dan nantinya kamu akan diminta memasukkan password baru.

2. File Wlan_Mac.bin
Solusi ini berlaku untuk kalian-kalian yang pernah mengganti alamat Mac Android kalian, entah itu agar Mac kalian tidak terdeteksi ketika kalian berselancar di dunia maya atau untuk kasus saya sendiri yaitu mengganti Mac Address agar bisa auto connect di jaringan Wifi.id. Penyebab lainnya bisa juga karena Android sobat pernah di Flash ke Custom rom kemudian kembali lagi ke stock rom.

Syarat dan Ketentuan:
  • Sudah Root.
  • Instal Root Explorer.
Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pergi ke "root/persist".
  2. Cari File "wlan_mac.bin", kemudian edit dengan menggunakan txt editor yang sudah disediakan oleh Root Explorer.
  3. Lalu semua yang ada didalamnya, biarkan kosong.
  4. Save file tersebut, pastikan untuk tidak menghapus file tersebut.
  5. Reboot HP anda.

Sekian solusi dari masalah-masalah yang biasanya dihadapi ketika kita ingin mengkoneksikan android kita dengan wifi, solusi dari masalah-masalah diatas merupakan pengalaman pribadi dari saya. Sekiranya ada yang ingin ditambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar, Terimakasih.
Load disqus comments

0 comments